Sorting Data Using SQL Like Operator

Thursday, March 27, 2008

Operator Like digunakan dalam sebuah SQL Statement untuk mencari sebuah nilai dalam sebuah table yang mempunyai pola string atau karakter tertentu. operator Like ini ditempatkan setelah klausa where dalam sebuah SQL Statement. perbedaan antara operator Like dengan operator '=' adalah, operator '=' tidak bisa digunakan untuk mencari sebuah nilai yang tidak kita ketahui sebelumnya.



Operator Like ini biasa digunakan bersama dengan karakter '%' (Percent), '*' (Asterisk), '_' (Underscore), '?' (Quatation Marks),'#' (Number Sign),'-' (Hyphen),'[]' (Brackets) dan karakter '!' (Exclamation Point). Disini saya hanya akan membahas penggunaan Operator Like bersama dengan karakter '%', '*', '_' dan karakter '?'. Adapun fungsi dari pengunaan masing-masing karakter tersebut adalah sebagai berikut :



Karakter '*' (di Microsoft Access) atau Karakter '%' artinya adalah semua karakter. Jadi jika anda menuliskan 'SQL Like%' atau 'SQL Like*', itu berarti semua yang mengandung string SQL Like didepannya dan jika anda menuliskan '%SQL Like' berarti semua yang mengandung string 'SQL Like' di belakangnya.



Contoh penggunaan karakter % dalam statement SQL :



Select JudulBuku from Buku

Where JudulBuku like '%SQL Like%'


Contoh penggunaan karakter * dalam statement SQL untuk Microsoft Access :



Select JudulBuku from Buku

Where JudulBuku like '*SQL Like*'


SQL Statement diatas akan menghasilkan semua Data buku yang mengandung string 'SQL Like' didalam judulnya karena anda menambahkan karakter '%' atau '*' sebelum dan sesudah string 'SQL Like' setelah operator Like. Hasil Output SQL Statement Diatas bisa seperti dibawah ini :




JudulBuku

-----------------------------

Using SQL Like Operator

Penggunaan Operator SQL Like



Karakter '?' (di Microsoft Access) atau karakter '_' artinya adalah satu karakter. Sebagai contoh anda ingin menampilkan data buku yang karakter ke dua dalam judulnya adalah huruf 'S' anda bisa menuliskan Statement SQL nya sebagai berikut :


Contoh penggunaan karakter _ dalam statement SQL :



Select JudulBuku from Buku

Where JudulBuku like '_S%'


Contoh penggunaan karakter ? dalam statement SQL untuk Microsoft Access :



Select JudulBuku from Buku

Where JudulBuku like '?S*'



Perlu diperhatikan bahwa beberapa Database Software (RDBMS) seperti Oracle menerapkan aturan Case Sensitive (memperhatikan penggunaan huruf besar dan huruf kecil) terhadap nilai-nilai yang ada didalam table-nya jadi jika anda menyimpan data didalam table dengan nilai 'USING SQL LIKE OPERATOR' maka ketika mencarinya dengan menggunakan pola '%SQL Like%' dalam operator SQL Like maka query tidak akan menghasilkan kembalian judul buku seperti 'USING SQL LIKE OPERATOR
', 'PENGGUNAAN OPERATOR SQL LIKE' dan sebagainya, karena data disimpan dalam huruf kapital sedangkan string pencarian anda adalah huruf besar dan huruf kecil ('SQL Like'). Mudah-mudahan artikel ini bisa menambah wawasan anda tentang Syntax dasar statement SQL.

0 comments:

Recent Comments

Tags Cloud

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani