Combobox dengan Dua Kolom (Field)

Friday, July 25, 2008

Menampilkan nilai dari dua field atau lebih dalam satu combobox.


di dalam artikel ini saya akan sharing tips ringan pemrograman Delphi untuk menampilkan nilai dari dua kolom/field dari sebuah table di database menggunakan komponen DBLookupComboBox. disini saya akan menggunakan sebuah database yang dibuat dengan Microsoft Access.



Buat Project baru dan tambahkan sebuah komponen ADOConnection, ADOTable, dan sebuah DataSource ke dalam form. Hubungkan komponen ADOConnection di atas dengan table di database yang kamu pilih. Setelah koneksi dengan Database Microsoft Access sukses, langkah selanjutnya adalah menghubungkan komponen ADOTable ke komponen ADOConnection dan hubungkan juga komponen DataSource ke ADOTable.



Tambahkan komponen DBLookupComboBox (Tab DataControls) ke dalam form. set properties ListSource ke komponen DataSource dan KeyField ke salah satu field dari table yang kamu pakai. Untuk menampilkan dua field atau lebih dalam DBLookupComboBox kamu ketik manual nama-nama field yang ingin kamu tampilkan dalam komponen DBLookupComboBox - setiap field dipisahkan dengan titik koma (;) misalnya : productid;descriptions.




Application Design Time






DBLookupComboBox Properties








Application Run Time


1 comments:

Vazerro's said...

thanks gan tutorialnya.. btw kalo 3kolom gmn? tinggal tambah (;) lalu field lagi?
tapi kok sy ga bisa ya..
mohon bantuannya

Recent Comments

Tags Cloud

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani