Membuat Aplikasi Grafik Penjualan dengan Delphi dan Database SQL Server - Part 2

Sunday, April 6, 2008

Setelah tahap persiapan sudah selesai, tahap selanjutnya adalah menghubungkan ADSPenjualan, ADSProduk ke Database SQL Server melalul komponen ADOConnection dan kemudian menghubungkan DBChart1 ke ADSPenjualan.



  • Ubah properties Connection ADSPenjualan dan ADSProduk menjadi SQLServerConn agar kedua komponen ini bisa terhubung dengan Database SQL Server. sebagai tambahan kamu juga bisa menggunakan properties Connection String masing-masing komponen ADSPenjualan dan ADSProduk untuk koneksi ke Database, tetapi untuk menghemat koneksi ke-server maka saya menggunakan sebuah komponen ADOConnection sehingga jika ada komponen DBAware yang lain yang akan menggunakan koneksi yang sama, cukup kita hubungkan dengan komponen ADOConnection ini.

  • masukan sql statement berikut pada properties CommandText ADSPenjualan :




select b.orderdate,sum(a.quantity) jml

from [order details] a, orders b, products c

where a.orderid=b.orderid

and a.productid=c.productid

and c.productname=:pn

and b.orderdate between :tglawal and :tglakhir

group by b.orderdate

order by b.orderdate



pada sql statement diatas terdapat 3 parameter yaitu pn, tglawal, dan tglakhir ketiga parameter tesebut digunakan untuk menampung inputan dari user yaitu nama produk, tanggal awal dan tanggal akhir.




  • Dobel klik DBChart1, pada window dialog Editing DBChart1, tekan tombol Add kemudian pilih tipe chart yang kamu inginkan, disini saya menggunakan chart tipe Batang (Bar). kalau sudah, tekan tombol OK





  • Masih di window dialog Editing DBChart1, klik tab Series disebelah kanan tab Chart disana terdapat 4 tab lainnya, klik tab Data Souce, pada combobox dibawahnya pilih Dataset karena kita akan menampilkan Grafik berdasarkan nilai yang diterima dari sebuah Dataset.

  • Pilih ADSPenjualan pada combobox Dataset.

  • Pilih Orderdate pada combobox Labels dan pilih JML pada combobox Bar


dataset


  • Masih di window dialog Editing DBChart1 | tab Series, klik tab Marks pada pilihan Style disebelah kanan pilih Value.

  • Supaya masing-masing grafik batang tidak terlalu berdekatan maka kita harus membatasi jumlah grafik batang perhalamannya dengan cara : klik Tab Chart, klik tab Paging, disana kamu bisa spesifikasikan jumlah batang per halamannya. Saya isi dengan angka 5. jika sudah klik tombol Close.

  • Untuk menampilkan deskipsi/judul tiap sumbu : masih pada tab Chart, klik tab Axis | tab Title, pada Textbox Title isi dengan Quantity. tadi adalah judul untuk sumbu Y, untuk memberikan judul pada sumbu X, klik tab Titles (disebelah kanan tab Axis), pada combobox pilih Foot, kemudian isikan judul untuk sumbu X pada textbox yang ada dibawahnya






<< Part 1 - Persiapan    Part 3 - Coding >>

2 comments:

AllOf said...

info yg bermanfaat

hanung said...

http://www.rumahdietnutrisi.com
pengelolaan berat badan, nutrisi atlet, jantung, dll

Recent Comments

Tags Cloud

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani