Mengeksport Data ke MS Excel Dengan Visual Basic - Part 1

Friday, February 1, 2008

Bagi anda para software developer baik itu yang menggunakan database seperti MS Access ataupun database RDBMS seperti MS SQL Server, Oracle, MySQL dll, tentu anda pernah menginginkan agar data anda bisa dieksport ke format MS Excell untuk tujuan lainnya seperti ingin mempercantik format tampilan, sebagai bahan pembuatan laporan dan lain sebagainya. Walaupun ada banyak tool yang tersedia di internet untuk melakukan hal ini, tetapi mungkin saja anda ingin mengintegrasikan kemampuan ini dalam aplikasi yang anda buat.



dalam artikel ini saya akan sharing salah satu cara untuk mengeksport data ke MS Excel dengan menggunakan kode program di Visual Basic. Adapun versi Visual Basic yang saya gunakan adalah Visual Basic versi 6.0 dan microsoft office yang saya gunakan adalah Microsoft Office 2003 (MS Office 11).



Persiapan


Aplikasi ini akan kita gunakan untuk mengeksport data dari database microsoft access. Buat sebuah folder baru di drive C dan beri nama "ToExcel". Kemudian kita akan membuat sebuah database microsoft access langkahnya sebagai berikut : Klik Start Menu | Program | Microsoft Office Access 2003. Setelah masuk ke IDE microsoft access, klik menu File | New. Di menubar sebelah kanan pilih "Blank Database". Kemudian sebuah kotak dialog "File New Database" akan muncul. Simpan file tersebut di folder "ToExcel" yang telah kita buat tadi dan beri nama sample.mdb.



Buat sebuah tabel dengan struktur data seperti dibawah ini :

NIK text(10),Nama text(50),Jabatan text(30). Simpan tabel tersebut dan beri nama Karyawan. Kemudian isi beberapa data kedalam table tersebut.



Pembuatan Aplikasi (Part 2) >>

2 comments:

aurino said...

Bagus Bro ... Keep Posting !!!

http://managementandbusiness.blogspot.com
http://blog.aurino.com

JohnWarezz said...

terima kasih mas aurino atas komentar n support nya.

Recent Comments

Tags Cloud

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani