Mengeksport Data ke MS Excel Dengan Visual Basic - Part 2

Friday, February 1, 2008

Pembuatan Aplikasi


Jalankan MS Visual Basic : klik Start Menu | Program | Microsoft Visual Basic 6.0 | Microsoft Visual Basic 6.0. Setelah masuk ke Visual Basic IDE, kita akan melihat window yang mempunyai tiga tab dengan title "New Project".




VB new project window.jpg



Pilih "Standard EXE", kemudian akan muncul Project1 – Form1. klik menu File | Save Project As untuk menyimpan project ini. Simpan Form dengan nama FtoExcel.frm dan dengan projectnya dengan nama ExcelExport.vbp.



Agar visual basic dapat menggunakan library untuk microsoft excel, maka kita harus mengaktifkan Library microsoft excel ini dengan cara : klik menu Project | References. Ini akan memunculkan window "References – Project1". Di dalam window ini terdapat banyak object library yang bisa digunakan untuk visual basic IDE. Kemudian centang object library yang berlabel "Microsoft Excel 11.0 Object Library" atau library "Microsoft Excel 10.0 Object Library" untuk pengguna Microsoft Office 2000 dan "Microsoft Excel 12.0 Object Library" untuk pengguna Microsoft Office 2007.



Project References.jpg


Ini akan memberitahukan kepada visual basic bahwa kita akan menggunakan object library dari Microsoft Office Excel 11.0 atau versi microsoft office excel yang anda gunakan.




<< Persiapan (Part 1)    
Interface dan Setting Database Path (Part 3) >>

4 comments:

Bramantyo Nugroho said...

Dear,

Bagus juga blognya
aq mau tanya gimana caranya untuk bisa dapat subscribe sebanyak itu?

thx b4

vandebram.blogspot.com

Anonymous said...

terima kasih udah komen di blogku.
kalau mas pengen artikel mas di subscribe pembaca, daftarkan aja blog mas dan feed blognya di feedburner.com. untuk lebih jelas caranya googling aja ok.

gustavexvi said...

iya mas saya setuju saya saja dapat dari pcmild tentang situs ini, bagaimana mas caranya untuk ada iklannya ajari donk mas kya disamping
hebat lho mas nya top dah

JohnWarezz said...

iklan disamping milik amazon lho jd mas gustavexvi harus signup dulu ke amazon ini linknya associates.amazon.com atau klik aja iklannya kalo mau jadi referralku (promosi nee yaa :O). eh btw pcmild edisi berapa ya wajib aku cek tuh heh.heh thanks ya infonya

Recent Comments

Tags Cloud

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani