Membuat Aplikasi FastReport Stand Alone dengan Delphi dan FastReport Component

Tuesday, April 8, 2008

sebagai Delphi Developer atau Delphi Programmer anda pasti tahu dengan FastReport. FastReport adalah sebuah komponen atau reporting tool untuk mencetak laporan-laporan. Sebenarnya FastReport ini ada dua versi (koreksi kalau saya salah) yaitu FastReport Studio yang bisa Stand Alone (Stand Alone Application) atau bisa berdiri sendiri (seperti Crystal Report), dan FastReport Component For Delphi. FastReport Component for Delphi ini hanya bisa diinstall di Compiler Delphi IDE, sedangkan FastReport Studio Stand Alone bisa diakses oleh Compiler lain seperti Visual Basic melalui ActiveX Object.



Kebetulan di tempat kerja sering diminta laporan yang ga ada di aplikasi perusahaan, jadi saya buat deh aplikasi FastReport Studio versi saya ini dan saya sebut "My Report Studio" : ). pada tutorial Delphi kali ini saya akan memandu kamu untuk membuat aplikasi FastReport Stand Alone agar bisa dijalankan tanpa menggunakan Delphi IDE namun aplikasi ini tidak dapat di akses dari visual basic seperti versi FastReport Studio dari FastReport Inc. Aplikasi ini memanfaatkan fasilitas dan fungsi yang disediakan oleh FastReport Component for Delphi, jadi aplikasi ini mutlak membutuhkan FastReport Component for Delphi. saya anggap kamu sudah mempunyai FastReport Component for Delphi kalau belum cari sendiri di google dan telah di install di Delphi IDE. saya menggunakan FastReport Component versi 3.0



Fitur Aplikasi My Report Studio ini (promosi dikit) :



  • Bisa mengakses Database seperti Paradox, MS Access, MS SQL Server, MySQL, Oracle, dan semua jenis Database yang bisa diakses via ODBC

  • Eksport laporan ke jenis file : .pdf, .xls, .doc, .xml, .html, .rtf, .bmp, .jpg, .txt, dan .csv




Kita akan membuat splash screen untuk mempercantik aplikasi ini. form yang akan dijadikan splash screen adalah Form1. jadi idenya adalah ketika aplikasi ini di jalankan, Form1 yang jadi Splash Screen, akan ditampilkan dahulu selama 5 detik, setelah itu baru masuk ke workspace My Report Studio ini. Untuk itu diperlukan sebuah komponen Timer untuk melakukan hal tersebut.



inilah langkah-langkahnya :



  • Buat sebuah project baru di Delphi

  • tambahkan sebuah komponen Timer (ada di Tab System), set properties Interval menjadi 5000 agar splash screen ditampilkan selama 5 detik.

  • tambahkan komponen-komponen berikut :


    • frxReport1, frxDesigner1, frxADOComponents1, frxBDEComponents1, frxDBXComponents1, frxDBXComponents, frxIBXComponents1 (ada di tab FastReport 3.0).

    • frxPDFExport1, frxHTMLExport1, frxXLSExport1, frxXMLExport1, frxRTFExport1, frxBMPExport1, TfrxBMPExport, frxJPEGExport1, frxSimpleTextExport1, frxCSVExport1, frxTXTExport1 (ada di tab FastReport 3 Exports).



Sehingga tampilan saat design nya seperti :


Application Design






Dobel klik komponen timer kemudian tambahkan kode perintah berikut ini :



form1.Hide;

timer1.Enabled := false;

frxReport1.DesignReport;

application.Terminate;


Run Program dengan menekan tombol F9, maka akan ditampilkan splash screen seperti ini, sebelum masuk ke My Report Studio :



Application Splash Screen



dan ini adalah screenshot workspace My Report Studio :





Itulah tutorial delphi untuk membuat aplikasi My Report Studio ini. Sangat sederhana bukan.
Kamu bisa download Source Code dan aplikasinya disini. Mudah-mudahan bisa bermanfaat.

8 comments:

Anonymous said...

sorry ada yang kelewat :) jangan lupa set properties border style form1 : none

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

Halo mas Ardy salam kenal juga. mas aku balas via email aja

sapta said...

kq gak bisa disedot lagi mas????
file not found

Muslim Weblog said...

Saya jg btuh nih source code n aplikasiny. Krim ke email sy jg ya! moga ilmuny brmnfaat.

Thanks

code4769 said...

wah, kok file not found ya??

bisa minta tolong di re upload g? :D

thanks... :D

Unknown said...

makasih tips nya sob

Unknown said...

bisa minta tolong di upload lagi filenya.saya klik disini tidak bisa bro

Recent Comments

Tags Cloud

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani