Tutorial Pemrograman Delphi : Membuat Menu ber-Icon

Thursday, April 17, 2008

Ini adalah tutorial singkat pemrograman Delphi untuk membuat menu dengan icon disampingnya. Sebagai contoh saya akan membuat menu dengan struktur menu seperti ini :


application menu structure

untuk membuat menu ber-Icon seperti diatas, inilah langkah-langkahnya :




  • Buat Project Baru di Delphi

  • Tambahkan komponen ActionManager Delphi ActionManager Component Icon, ActionMainMenuBar Delphi ActionMainMenuBar component yang ada di tab Additional

  • Tambahkan komponen ImageList delphi imagelist component icon yang ada di tab win32

  • Dobel klik komponen ActionManager, akan muncul Form Editing ActionManager

  • editing Actionmanager
  • klik pada icon New Icon NewAction Icon atau tekan tombol Insert pada keyboard untuk menambahkan sebuah Action

  • Untuk merubah judul menu, klik sebuah Action kemudian rubah properties Caption pada Object Inspector.

  • Untuk mengelompokan sebuah Action atau beberapa Action sekaligus kedalam sebuah menu : Klik Action tersebut, atau beberapa Action sekaligus kemudian rubah properties Category nya menjadi nama menu misalnya dalam contoh ini adalah "Master Data".

  • Masukkan Icon yang akan digunakan kedalam komponen ImageList caranya : dobel klik komponen ImageList, pada dialog yang muncul klik tombol add. pilih file icon (*.ico) atau file bitmap image (*.bmp) yang akan kamu pergunakan sebagai icon disamping menu tersebut kemudian klik ok.

  • Set properties Image komponen ActionManager menjadi ImageList1 untuk "memberitahu" komponen ActionManager bahwa kita akan menggunakan image yang ada padi komponen ImageList.

  • Assign Icon untuk setiap menu caranya : dobel klik komponen ActionManager1, dibawah Listbox Categories pilih category yang telah kita buat tadi yaitu "Master Data" kemudian di Listbox sebelah kanan (Actions) klik sebuah Action, pada object inspector set properties ImageIndex menjadi index image yang ada di ImageList misalnya 0 (index dimulai dari 0).

  • untuk menampilkan menu kedalam form caranya : dobel klik ActionManager1, drag and drop category "Master Data" kedalam komponen ActionMainMenuBar1.

  • Run Aplikasi, disana terlihat bahwa menu belum aktif, untuk mengaktifkan menu kamu harus tambahkan kode program ke masing menu-menu tersebut. sebagai contoh kamu bisa tambahkan kode program berikut ke masing-masing menu tersebut :



messagedlg('Test Iconic Menu With ActionManager Component',mtinformation,[mbok],0);


Itulah tutorial dan Tips pemrogramman Delphi untuk membuat menu ber-icon, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

5 comments:

Anonymous said...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Perfume, I hope you enjoy. The address is http://perfumes-brasil.blogspot.com. A hug.

ROBERT said...

Good Day,
I,ve search for those who read RICHDAD books, I saw that you already did and I Thank you for that.
I would like invite you to read some of my posts about my current views..
Thank you.

Anonymous said...

thanks for visiting my blog and leave a comment, i'll visit your blog as soon as possible. thanks..

Erni Fani said...

This blog very well ha', how can you this? this free blog but it's very cool, I like You, God Bless You, Keep Moving(write), weight loss natural

Unknown said...

Thanks...jadi keren nih kalo menunya pake icon...

JIHANDEV

Recent Comments

Tags Cloud

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani